Selasa, 24 November 2009

SEJARAH SMART CARD

Chip card diciptakan oleh ilmuan Jerman Helmut Gröttrup bersama temannya Jürgen Dethloff pada tahun 1968; Patennya diberikan pada tahun 1982. Pertama kali digunakan secara masal di perancis untuk pembayaran telepon umum pada tahun 1983.

Roland Moreno Mematenkan konsep tentang memory card pada tahun 1974. Pada tahun 1977, Michel Ugon dari Honeywell Bull menciptakan microprocessor smart card pertama. Pada tahun 1978, Bull mematenkan SPOM (Self Programmable One-chip Microcomputer) yang berisikan kebutuhan arsitektur untuk memprogram chip secara otomatis. 3 tahun kemudian, "CP8" yang pertama di produksi oleh Motorola berdasarkan paten ini. Saat ini, Bull memiliki 1200 paten yang berhubungan dengan smart cards.

Gambar 1 Smart Card Pertama
Smart card, menggabungkan propertis credit card dan debit card. 3 x 5 mm security chip yang ditanamkan di kartu menunjukkan fungsi yg cukup besar. Lempengan emas pada kartu memperbolehkan akses elektronik ke kartu.

Penggunaan ke dua adalah integrasi microchips ke dalam debit cards di Prancis yang diselesaikan pada tahun 1992. Ketika membayar dengan debit card, pertama masukkan kartu ke dalam terminal yang ada pada kasir, kemudian ketikkan PIN, sebelum transaksi diterima. Hanya transaksi yang bersifat sangat terbatas yang diijinkan tanpa menggunakan PIN.

Booming Smart card yang paling besaradalah tahun 1990-an, dengan pengenalan smart-card-based SIM yang digunakan pada HandPhone GSM di Eropa. Dengan penggunaan SIM pada HandPhone GSM di Eropa, smart cards menjadi umum di masyarakat.

Pada tahun 1993, MasterCard, Visa, dan Europay setuju untuk bekerja sama untuk mengembangkan smart card dalam hal pembayaran termasuk debit card maupun credit card. Versi Pertama sistem EMV dirilis pada tahun 1994. Pada tahun 1998 sistem tersebut telah distabilkan. EMVco, perusahaan yang ditunjuk untuk me-maintenance sistem tersebut dalam jangka waktu panjang dan mengembangkan sistem itu di tahun 2004. Pengembangan sistem tersebut terus dilakukan sampai dengan sekarang. Hal itu ditunjukkan dengan digunakannya debit card dan credit card hampir diseluruh belahan dunia, yang menandakan bahwa sistem itu telah stabil seutuhnya dan telah dikenal oleh masyarakat di seluruh penjuru dunia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar